Kegiatan Pengkajian Dan Pengembangan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Tentang Pemetaan Penerapan Sistem Merit Manajemen ASN dan Pengawasan Netralitas ASN

Written by  Jul 23, 2018

Tanggal 5 – 7 Juni 2018, bidang pengkajian dan pengembangan sisten (PPS) KASN, telah melakukan kunjungan ke BKD Provinsi Papua dalam rangka melaksanakan pemetaan penerapan sistem merit manajemen ASN dan kajian pengawasan netralitas ASN. Tim KASN terdri dari, dua asisten komisioner, yaitu: Septiana Dwiputrianti, SE, M.Com (Hons), Ph.D dan Dr. Anggara Hayun Anujuprana, serta dua staf: Syaugi Muhammad dan Della Damayanti. Terdapat 2 (dua) agenda utama yaitu : (1) pemetaan penerapan sistem merit manajemen ASN dan (2) kajian pengawasan netralitas ASN dilaksanakan melalui kegiatan diskusi – tanya jawab dan penyebaran kuesioner dan formulir penilaian mandiri sistem merit manajemen ASN.

Diawali dengan diskusi dan penjelasan mengenai penerapan sistem merit manajemen ASN oleh Dr. Anggara Hayun Anujuprana. Acara dilaksanakan di Kantor BKD Provinsi Papua yang dihadiri oleh 60 undangan yang terdiri dari Asisten III Provinsi Papua, beberapa perwakilan dari SKPD Provinsi Papua, BKD Provinsi Papua, dan beberapa perwakilan dari BKD Kabupaten/Kota Papua. Selanjutnya, pemaparan tentang penilaian mandiri penerapan sistem merit dalam manajemen ASN di lingkungan instansi pemerintah, berdasarkan pada Perka KASN No. 5 tahun 2017, yang disampaikan oleh Asisten Komisioner Bidang Pengkajian dan Pengembangan. Septiana Dwiputrianti, SE, M.Com (Hons), Ph. D. Dalam pemaparan, dijelaskan mengenai penilaian mandiri pemetaan penerapan sistem merit dalam manajemen ASN beserta kriteria dan subkriteria yang menjadi indikator untuk melakukan penilaian mandiri tersebut.

Selanjutnya, tanggal 6 Juni 2018, dilaksanakan diskusi dan pengumpulan data berkaitan dengan “Pengawasan Netralitas ASN”. Acara diawali dengan pemaparan oleh Asisten Komisioner Bidang Pengkajian dan Pegembangan KASN, Septiana Dwiputrianti, SE.M.Com (Hons), Ph.D., dengan topik “Sistem Pengawasan KASN dalam Menjaga Asas Netralitas ASN”. Pemaparan tersebut sebagai pemantik diskusi yang secara tidak langsung memberikan pemahaman dan perspektif baru tentang Netralitas ASN di lingkungan Provinsi Papua. Aula Lantai 3 BKD Provinsi Papua, dipenuhi dengan lebih dari 58 peserta yang berasal dari internal BKD Provinsi Papua, perwakilan SKPD di lingkungan Pemprov Papua, dan beberapa perwakilan pemerintah Kabupaten/Kota se-Papua. Dilanjutkan dengan pengisian kuesioner ini dipandu oleh Asisten Komisioner Bidang PPS, Dr. Anggara Hayun Anujuprana dan Septiana Dwiputrianti, Ph.D. Diakhiri dengan memberikan penjelasan serta memberikan gambaran sekilas (highlight) hasil kuesioner yang sudah terisi.

 

 

Pembukaan acara oleh Asisten III Setda - Provinsi Papua Bapak Elisa Auri