KASN Lakukan Pemetaan Penerapan Sistem Merit Di Kabupaten/Kota dalam Wilayah Provinsi Sumatera Selatan

Written by  Jul 05, 2019

Asisten Komisioner KASN Abdul Wakhid, Mukhlis Irvan dan Septiana memberikan paparan mengenai Aplikasi "SIPINTER" dalam kegiatan Sosialisasi Aplikasi SIPINTER dan Penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit di Instansi Pemerintahpada Kabupaten/Kota dalam Wilayah Provinsi Sumatera Selatan, pada  hari Kamis (27/06/2019) bertempat di Hotel Horison Ultima, Palembang

 

PALEMBANG – Dalam rangka peningkatan pemahaman stakeholders dalam penggunaan aplikasi Sipinter dan penilaian mandiri penerapan sistem merit, Komisi Aparatur Sipil Negara selaku pengawas dan penjaga sistem merit (The Guardian of Merit System), melakukan sosialisasi Aplikasi Sipinter (Sistem Informasi Penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit) dan Penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit pada 17 Kabupaten/Kota dalam wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Horison Ultima Palembang, pada hari Kamis (27/06).

Adapun sebagai peserta dalam kegiatan ini adalah perwakilan dari masing-masing unit kerja yang menangani bidang kepegawaian atau Badan Kepegawaian atau Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Pemerintah Kabupaten dan Kota dalam Wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Disamping itu juga hadir perwakilan BKD Provinsi Jambi, Bengkulu dan   Bangka Belitung. Sedangkan perwakilan BKD provinsi Lampung berhalangan hadir.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumatera Selatan Nora Elisya. Sedangkan sebagai narasumber adalah para Asisten KASN Bidang Pengkajian dan Pengembangan Sisten yaitu Abdul Wakhid, Mucklis Irfan, dan Septiana Dwiputrianti. Dengan kegiatan tersebut, diharapkan instansi pemerintah dapat melakukan penilaian secara mandiri terhadap penerapan sistem merit di instansinya masing-masing melalui aplikasi SIPINTER. Untuk itu setiap instansi pemerintah diberikan  Account User untuk dapat mengakses Aplikasi SIPINTER dan melengkapi seluruh komponen penilaian sesuai kondisi penerapan sistem merit pada instansi masing-masing. Selanjutnya KASN akan melakukan review/evaluasi terhadap hasil penilaian mandiri yang dilakukan oleh instansi untuk mengetahui sejauhmana tingkat penerapan sistem merit pada setiap instansi yang dikelompokkan dalam 4 kategori yaitu Kategori IV (Sangat Baik), Kategori III (Baik), Kategori II (Kurang), dan Kategori I (Buruk). Sesuai dengan kewenangan KASN, bagi instansi yang termasuk kategori IV (Sangat Baik) dapat diberikan kesempatan melakukan pengisian  Jabatan Pimpinan Tinggi   dari Talent Pool. Sedangkan bagi instansi yang belum, akan dilakukan pembinaan atau bimbingan agar meningkat capaian penerapannya menjadi kategori IV (Sangat Baik) secara bertahap.

Dalam sambutannya Nora Elisya menyampaikan bahwa dalam rangka mewujudkan sistem merit dalam manajemen ASN, Provinsi Sumatera Selatan telah melakukan rekrutmen pegawai yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT), pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi melalui seleksi terbuka dan uji kompetensi, penyusunan analisis jabatan dan analisisi beban kerja  dan pemberian insentif tambahan yang besarannya disesuaikan dengan kemampuan daerah masing-masing, serta penegakan netralitas ASN. Selain itu  Beliau mengakui bahwa masih terdapat hambatan dalam pelaksanaan sistem merit di Pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan seperti, kurangnya komitmen dari ASN, kualitas SDM Aparatur yang tidak kompeten, regulasi pendukung yang belum tersusun, belum tersedianya standar kompetensi jabatan pada Pemda, dan program pembinaan karir yang belum terencana secara baik.

 

Peserta acara kegiatan Sosialisasi Aplikasi SIPINTER dan penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit di Hotel Horison Ultima Palembang (27/6/2019)

 

Nora Elisya mengharapkan agar Komisi Aparatur Sipil Negara dapat memberikan pendampingan penerapan sistem merit pada seluruh pemerintah provinsi, Pemerintah Kabupaten dan kota khususnya dalam wilayah Provinsi Suamtera Selatan. Pendampingan dimaksud berupa penyusunan regulasi/ instrumen yang dibutuhkan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan, demikian ujarnya.(MJ,NR/PA/KOMISI ASN)


Contact Person: Maurits (Staf Promosi dan Advokasi)

No. HP/WA: +62 812 9055 8300/+62 857 1777 1388, Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Last modified on Friday, 05 July 2019 09:15

JADWAL SHOLAT

 

Government Public Relations

 

Agenda Kegiatan

« November 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  

Berita Terkini