KASN Sosialisasikan Aplikasi SIPINTER dan Penilaian Mandiri Sistem Merit di Makassar

Written by  Jul 11, 2019

Makassar. Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) melaksanakan sosialisasi penerapan aplikasi sistem informasi penilaian mandiri sistem merit (SIPINTER) di instansi pemerintah, di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan pada Kamis, (11/7).

 

Kegiatan sosialisasi kali ini menghadirkan tiga Asisten Komisioner (Askom) KASN sebagai narasumber, yakni Askom bidang Promosi dan Advokasi Nurhasni Anwar, Askom bidang Pengkajian dan Pengembangan Sistem Abdul Wakhid dan Muhlis Irfan. Sementara itu, Asisten Pemerintahan Pemprov Sulawesi Selatan Tautoto Taranggina mewakili Gubernur Sulsel membuka acara sosialisasi tersebut. Sosialisasi juga diikuti oleh para Kepala Badan Kepegawaian Daerah pemerintah kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan.

 

Dalam kesempatan pertama, Askom Nurhasni menyampaikan beberapa hal terkait latar belakang pentingnya penerapan sistem merit di instansi pemerintah seperti efektivitas pemerintahan dan mewujudkan birokrasi pemerintah yang bersih, akuntabel dan berorientasi melayani. Diharapkan dengan penerapan sistem merit, lanjut Nurhasni, akan melahirkan para ASN yang kompeten, netral, berintegritas dan berkinerja tinggi.

 

Sedangkan Askom Abdul Wakhid mengungkapkan 8 aspek penilaian dalam penerapan sistem merit manajemen ASN, sebagai berikut:

 

1.      Perencanaan kebutuhan pegawai ASN,

2.      Pengadaan,

3.      Pengembangan karir,

4.      Promosi dan mutasi,

5.      Manajemen kinerja,

6.      Penggajian, penghargaan dan disiplin,

7.      Perlindungan dan pelayanan,

8.      Sistem informasi.

 

“Diharapkan dengan 8 aspek penilaian, sistem merit manajemen ASN di instansi pemrintah akan terpetakan dengan baik, dan dapat menjadi bahan rekomendasi serta penyempurnaan kebijakan bagi KASN dalam melaksanakan pengawasan,” tutur Abdul Wakhid.

 

Dalam sesi akhir, Askom Muhlis Irfan menjelaskan secara teknis penggunaan aplikasi SIPINTER. Terdapat beberapa langkah yang harus dipenuhi oleh intansi pemerintah dalam penggunaan aplikasi tersebut.

 

 

 

 

 

Last modified on Thursday, 11 July 2019 14:46

JADWAL SHOLAT

 

Government Public Relations

 

Agenda Kegiatan

« November 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  

Berita Terkini