Print this page

KASN Berperan Aktif Awasi Penerimaan CPNS 2019

Written by  Oct 31, 2019

Jakarta. Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) akan berperan aktif dalam mengawasi pelaksanaan penerimaan CPNS 2019 yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat oleh Pemerintah. Pengawasan ini merupakan bagian dari tugas, fungsi dan kewenangan KASN dalam mengawal sistem merit manajemen ASN di dalam birokrasi Pemerintah seperti yang diamanatkan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan antara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Tjahjo Kumolo, Ketua KASN Agus Pramusinto dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dengan para wartawan media massa nasional di Kementerian PANRB pada Rabu, (30/10)

 

IMG 3197adfad

 

“Dalam pengisian CPNS, KASN ikut mengawal agar tugas KASN untuk menjamin penerapan sistem merit dalam manajemen ASN benar-benar berjalan,” tegas Ketua KASN Agus Pramusinto.

Lebih lanjut, mengenai teknis pengawasan KASN dalam penerimaan CPNS 2019, KASN akan membuka layanan pengaduan terhadap pelanggaran-pelanggaran yang terjadi selama proses seleksi. Dengan demikian, diharapkan proses seleksi CPNS dapat berjalan secara transparan dan akuntabel sehingga menghasilkan CPNS yang berkualitas.

“Bila masyarakat menemukan pelanggaran-pelanggaran dalam proses rekrutmen CPNS, masyarakat bisa membuat laporan pengaduan ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.,” tutur Agus Pramusinto.

 

IMG 3189

 

Seperti diketahui, Pemerintah akan membuka pendaftaran penerimaan CPNS 2019 di 68 Kementerian/Lembaga (K/L) dan 462 Pemda Provinsi/Kabupaten/Kota dengan jumlah lebih dari 150 ribu lowongan CPNS. Proses penerimanan direncanakan dimulai pada tanggal November 2019 yang akan datang melalui aplikasi sscasn.bkn.go.id. dan akan berakhir pada bulan April 2020.

Last modified on Thursday, 31 October 2019 17:04