Strategi Kolaboratif KASN, Kementerian PANRB, BKN, dan LAN dalam Menyelesaikan Hambatan Sistem Merit

Written by  Jul 08, 2020

Jakarta.  Undang-Undang Aparatur Sipil Negara menyebutkan, salah satu tujuan KASN adalah menjamin terwujudnya Sistem Merit dalam kebijakan dan Manajemen ASN. Rabu (8/7/20) KASN melalui Kelompok Kerja Bidang Pengawasan Penerapan Sistem Merit Wilayah 1 menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Penerapan Sistem Merit pada Instansi Pemerintah. Kegiatan yang bertempat di Hotel Grand Kemang Jakarta Selatan ini, dihadiri oleh KASN, Kementerian PANRB, Badan Kepegawaian Negara dan Lembaga Administrasi Negara. Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Kementerian PANRB. Hadir pada acara ini Komisioner KASN Bidang Pengawasan Penerapan Sistem Merit Wilayah 1 Sri Hadiati Wara Kustriani, MBA didampingi Asisten KASN Bidang Pengawasan Penerapan Sistem Merit Wilayah 1 Septiana Dwiputrianti Ph.D, Mugi Syahriadi dan Asisten KASN Bidang Pengawasan Penerapan Sistem Merit Wilayah 2 Dr. Andi Abu Bakar.

 

kolab2

 

Pertemuan ini merupakan strategi kolaboratif dalam menyelesaikan tantangan dan hambatan penerapan Sistem Merit. Salah satu tantangan internal yang dihadapi adalah permasalahan regulasi yang menjadi kendala dalam proses evaluasi Sistem Merit di Instansi Pemerintah. KASN mendorong Kementerian PANRB yang memiliki kewenangan dalam merumuskan kebijakan untuk menata kembali peraturan terkait Sistem Merit ini. Peraturan yang prioritas untuk disesuaikan kembali adalah PermenPANRB No. 40 tahun 2018 tentang Pedoman Sistem Merit dalam Manajemen ASN. Beberapa substansi yang menjadi concern penataan adalah pengaturan terkait pelaksanaan tindak lanjut hasil pengawasan, pengaturan terkait pelaksanaan penilaian yang melibatkan Tim Penilai Instansi Pusat, pengaturan terkait pelaksanaan monev rekomendasi hasil penilaian,  pelaksanaan pembinaan peningkatan sistem merit, dan penyempurnaan instrumen.

 

kolab3

 

Turut hadir pada kegiatan tersebut Plt. Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko, dan Asisten Deputi Integritas dan Evaluasi Sistem Merit SDM Aparatur Kemeterian PANRB Bambang D. Sumarsono.

Dalam kesempatan terpisah pada Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi 2 DPR RI, Senin (6/7/20) Ketua KASN Prof. Agus Pramusinto M.D.A menjelaskan target penerapan sistem merit pada Instansi Pemerintah.

“Tahun 2024 target indeks sistem merit di seluruh Instansi Pemerintah adalah Kementerian 100%, LPNK 100%, Pemerintah Provinsi 85%, dan Pemerintah Kabupaten-Kota 30%” ungkap Agus.  (Humas KASN)

Last modified on Wednesday, 08 July 2020 16:43

JADWAL SHOLAT

 

Government Public Relations

 

Agenda Kegiatan

« August 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31            

Berita Terkini