Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) 2022, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) berhasil mendapatkan nilai 87,75 atau indeks 3,51. Capaian tersebut mengindikasikan pelayanan publik KASN dianggap "baik" oleh masyarakat.
"Hasil survei tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan dimana pada tahun 2020 nilai SKM KASN sebesar 3,10 kemudian pada tahun 2021 menjadi 3,43. Kami mengucapkan terima kasih kepada para responden yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan SKM," sebut Kepala Sekretariat KASN, Nurhasni, dalam laporannya pada Forum Konsultasi Publik (FKP), Refleksi Membangun Sistem Merit, Senin (28/11/2022).
Nurhasni melanjutkan, SKM dilakukan untuk mengukur kualitas penyelenggaraan layanan publik oleh KASN. Dari situlah kemudian ditetapkan skala prioritas sebagai strategi perbaikan yang akan dilakukan oleh KASN.
Adapun indikator survei mengacu kepada Peraturan Menteri PAN RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Sebanyak 420 responden dari berbagai unsur pengguna layanan KASN tercatat berpartisipasi dalam survei ini.
"Kami mengucapkan terima kasih kepada para responden yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan SKM," pungkas Nurhasni. (NQA/HumasKASN)