Bertemu Sri Mulyani, Ketua KASN Dorong Kesiapan Kemenkeu Jadi Pionir Pelaksanaan Sistem Merit

Berita
04 Oct 2021 - 08:52
Share

Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Agus Pramusinto, bertemu dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Senin (4/10/2021). Pertemuan tersebut membahas prestasi gemilang penerapan sistem merit di Kementerian Keuangan yang diketahui mendapat nilai tertinggi bersama dengan Kementerian BUMN pada level kementerian. Di samping itu juga dibahas kesiapan Kemenkeu menjadi pionir penerapan sistem merit di Tanah Air pada masa mendatang. 

Kementerian Keuangan saat ini berada pada kategori sistem merit sangat baik dengan indeks 0,95. Mereka mendapatkan nilai hampir sempurna dalam aspek pengembangan karier, yakni 122 dari skor maksimal 130. Raihan itu diharapkan KASN dapat menjadi acuan bagi instansi lain untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas.

Di sisi lain, Menkeu Sri Mulyani beserta jajarannya antara lain Sekretaris Menteri Keuangan, Heru Pambudi dan Kepala Biro SDM menyambut baik kehadiran KASN. Sebelumnya, pada September lalu ia mengapresiasi dukungan penuh KASN dalam menjaga pengelolaan SDM aparatur di instansinya. Dengan dukungan tersebut, tata kelola SDM di Kementerian Keuangan dapat berjalan secara profesional sampai saat ini. 

Selanjutnya, Ketua KASN yang didampingi para Komisioner,  yakni Tasdik Kinanto, Mustari Irawan, dan Rudiarto Sumarwono, menaruh harapan besar bahwa ke depan Kementrian Keuangan mampu menjadi rujukan  penerapan sistem merit bagi instansi pemerintah lainnya.(mj/nqa)