Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto, megatakan keberadaan teknologi informasi menjadi hal yang penting dan sangat diperlukan ASN dalam melayani publik. Meski begitu, itu semua tidak akan berarti jika tidak diikuti perubahan dari sisi mindset pelayanan.
"Jadi penekanan saya, bahwa yang membuat agile (lincah) sebetulnya mindset pelayanan di mana kita memang punya keinginan memberikan pelayanan kepada publik. Sementara teknologi saya letakkan sebagai instrumen," terang Ketua KASN saat menjadi narasumber di Webinar Nasional Agile Governance: Relevansi dan Tantangan Birokrasi pada Era VUCA, Jumat (24/12/2021).
Agus menegaskan, ASN perlu mengubah mindset pelayanan dari mental pangreh praja menjadi mental yang menjadi pelayan publik. Perubahan mindset tersebut akan menjadi respons yang tepat dalam menghadapi dunia yang berubah serba cepat.
Di satu sisi, pemanfaatan teknologi saat ini dirasa penting untuk mempercepat pelayanan. Akan tetapi, menurut Agus ASN jangan sampai terjebak atas hadirnya teknologi yang sejatinya tidak menjawab masalah sepenuhnya. "Teknologi bukan segalanya, karena yang utama justru adalah perubahan mindset pelayanan," kata Agus.
Sebagai informasi, dalam webinar tersebut turut dihadiri Rektor Universitas Muhammadiyah Bandung Herry Suhardiyanto, Ketua DPD IAPA Jawa Barat Yaya Mulyana Abdul Azis, dan Guru Besar Universitas Dr. Soetomo Surabaya Sedarmayanti. (NQA/HumasKASN)